Rabu, 07 Maret 2012

Ketika Informatika dan Elektronika Bertemu

   Sebuah cabang ilmu yang baru dalam dunia teknologi, Teknik Komputer! Merupakan suatu ilmu yang mengkombinasikan elektro dan informatika sekaligus. Targetnya adalah untuk mendesain perangkat keras serta membenamkan sebuah program di dalamnya, semacam operating system yang nantinya mampu berjalan secara real time. Berbeda dengan teknik elektro, teknik komputer tidak hanya sebatas membangun sebuah device elektronika, namun juga merancang embedded system di dalamnya. Embedded system (bahasa Indonesia = sistem benam) merupakan sebuah sistem yang dibangun melalui proses pemrograman untuk menginstruksikan jalannya hardware sesuai dengan keinginan programmer. Embedded system nantinya akan dimasukkan ke dalam memori hardware yang akan otomatis di-load ketika hardware tersebut dalam keadaan ON. Contoh yang paling mudah dalam hal ini adalah komputer PC atau laptop Anda masing-masing. Komputer tersebut tidak lain adalah sebuah hardware elektronika yang dibuat dan didesain sedemikian rupa sehingga mampu mennampilkan sesuatu di layar gambar, tulisan, grafik , dll, melalui serangkaian proses di dalamnya. Tidak hanya itu, komputer Anda juga mampu menghasilkan bunyi, memutar video, mengakses internet, dan lain sebagainya. Mengapa bisa demikian? Karena komputer Anda telah diprogram sebelumnya.
   Pernahkah Anda bertanya bagaimana komputer Anda bisa sedemikian cerdasnya? Mengapa smartphone Anda mampu memberikan fasilitas yang luar biasa? Mengapa kalkulator bisa memunculkan angka seperti yang kita tekan di keypad-nya? Jawabnya adalah karena perangkat kerasnya telah diprogram sebelumnya. Pemrograman perangkat keras inilah yang dikerjakan oleh para insisnyur komputer. Dan para insinyur komputer mengerjakan apa yang dinamakan teknik komputer.
    Dengan demikian peran teknik komputer dalam perkembangan teknologi sangatlah besar. Membangun operating system dan embedded system bagi perangkat keras dan membuatnya menjadi cerdas. Prospek yang sedemikian bagusnya telah membuat teknik komputer menjadi salah satu jurusan yang diminati banyak orang. Lalu tunggu apa lagi? : D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar